• Subcribe to Our RSS Feed

Sunday, April 3, 2016

Cara menginstal Windows XP

2:21 AM // by Dedy Setiawan // No comments

Setelah lama ga nulis, akhirnya mencoba untuk mensharing lagi. Kali ini saya akan mensharing bagaimana cara menginstal Windows XP. Memang beberapa saat yang lalu microsoft selaku pengembang software terkemuka sudah mengumumkan untuk tidak mensupport Windows XP lagi, namun masih banyak dari kita masih menggunakan Windows XP dikarenakan sudah terbiasa ataupun menyesuaikan spesifikasi dari hardware komputer yang kita punya atau juga demi kepentingan develop program.

OK, Langsung saja berikut saya share bagaimana memasang Windows XP.

1. Patikan agan semua telah memasang perangkat t dengan sempurna, baik motherboard, hardisk, monitor, mouse, keyboard, power supply, ram,dll.

2. Masuklah ke BIOS gan, dengan menekan tombol Del atau F2 pada keyboard (disesuaikan dengan perangkat agan).
3. Setelah agan masuk BIOS, pada bagian boot, setting primary nya(yang paling atas) sebagai CD/DVD bila agan menggunakan media CD/DVD dalam melakukan proses penginstalan, bila agan menggunakan media flashdisk dalam penginstalan atur flashdisk anda sebagai primary.
4. Pilih Exit dan simpan pengaturan tersebut.
5. Setelah itu komputer agan akan melakukan restart dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini.setelah itu tekan tombol apa saja, sesuka agan dan proses instalasi akan berjalan (dalam tulisan saya ini, saya menggunakan media CD).



6. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut, dan tunggu beberapa saat.


7. setelah menunggu, akan ada tampilan seperti dibawah ini.


Karena kita akan menginstal Windows XP nya, kita tekan enter gan.
8. Setelah itu agan akan dibawa pada halaman lisensi Windows XP. Tekan F8 untuk menyetujui penginstalan.



9. Setelah itu akan tampil semua partisi dari media penyimpanan, untuk menghapus partisi tekan tombol D (menghapus partisi akan menghapus semua data yang tersimpan didalam media penyimpanan anda, jadi lakukan dengan hati-hati). Setelah itu pilih saja yang Quick. Dan tekan enter.


10. Apabila anda menghapus partisi, media penyimpanan anda akan menjadi unpartition space. Untuk membuat partisi kembali tekan tombol C dan tuliskan nominal penyimpanan yang akan anda buat. Jangan lupa untuk menekan tombol enter setelah memasukan nominal yang kita buat. (untuk pengistalan windows, biasanya kita menggunakan partisi di C: ) .
11. Setelah pembuatan partisi selesai, pilih C: pada partisi. Dan selanjutnya tekan enter.
12. Agan akan menemui tampilan berikut. Sambil menunggu anda bisa mengambil makanan ringan atau ngopi dulu gan..he..he..setelah tampilan formatting dan copying komputer anda akan melakukan restart, dan anda tunggu sebentar.





13. Monitor agan akan menampilkan sebagai berikut, dan tunggu sebentar.




14. Pilih next.


15. Ketik nama dan organisasi agan, setelah itu pilih next.


16. Masukkan Product Key nya. Lalu pilih next. Biasanya ada di pembungkusnya gan, atau tanya-tanya aja sama si mbah...atau bisa juga pada saat install bagian ini tidak ada, berarti Windows XP yang agan punya sudah full.....ok lah kalo begitu..wkwkwk...


17. Atur Jam dan tanggal dan untuk time zone pilih yang jakarta aja yaitu yang  GMT+7, setelah itu pilih next.



18. Tunggu lagi gan...



19. Nah sekarang pilih yang typical setting, kemudian pilih next.


20. Jika komputer agan terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama domainnya, tapi jika komputer agan stand alone, maka pilih radio button yang paling atas, lalu tekan “Next”.




21. Pilih ok gan....


22. Pilih ok lagi gan....



23. Tunggu gan.. lagi loading...he..he...



24. Pilih Next gan...



25. Pilih yang Not right now aja gan...lalu pilih next



26. Pilih No aja gan, lalu pilih next




27. Pilih no aja gan....lalu pilih next...



28. Pilih Finish gan...

29. Selesai juga akhirnya..



30. Tinggal instal softwarenya deh....he..he..







0 comments:

Post a Comment